Metafora Konseptual dalam Iklan Daring Banner Produk Robot Sosial Perusahaan Jepang

Authors

  • M. Fahmi Reza Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing Invada, Cirebon, Indonesia
  • Aulia Arifbillah Anwar Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing Invada, Cirebon, Indonesia
  • Aditya Dwi Riyanto Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing Invada, Cirebon, Indonesia

Keywords:

Semantik Kognitif, Metafora Konseptual, Persuasif, Iklan, Robot

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian semantik kognitif yang membahas metafora konseptual dan fungsi persuasif pada iklan daring banner robot sosial perusahaan Jepang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah unsur leksikal dan gramatikal yang mengandung metafora bahasa Jepang yang terdapat pada teks banner dengan sumber data berasal dari iklan daring banner perusahaan robot Jepang (DMM, SONY, SHARP, TAKARATOMY, dan TOYOTA). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini metode simak-catat. Data yang telah dikumpulkan dipilah dan diambil berupa teks yang terdapat penggunaan metafora secara produktif. Lalu, data dianalisis dengan teknik Metaphor Identification Procedure (MIP). Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pada Iklan daring banner robot sosial perusahan Jepang, terdapat metafora konseptual Robot sebagai Keluarga, Robot adalah Manusia, Robot adalah Teman. Fungsi persuasif dari metafora adalah pengiklan ingin menjelaskan bahwa robot dapat mempunyai fungsi yang sama seperti keluarga, manusia, dan teman. Hal ini didukung seperti adanya fitur-fitur canggih yang ada pada robot, seperti 1) fungsi pengawasan pada keluarga, 2) adanya kecerdasan buatan pada robot yang membuat robot berfungsi seperti manusia, yaitu dapat mengekspresikan emosi dan bergerak dan berbicara, 3) fungsi robot sebagai teman, yaitu dapat menemani dan mengajak kita berbicara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah robot memiliki makna konseptual dan fungsi persuasif sebagai keluarga, manusia, dan teman.

Downloads

Published

2019-07-15

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.